PRODI PERDAGIN BELAJAR LANGSUNG KE BEA CUKAI TJ. PRIOK

Pada semester TA genap 2024, Program Studi Perdagangan Internasional Universitas Widyatama melaksanakan kunjungan ke Kantor Pelayanan Utama Direktorat Jenderal Bea Cukai Tipe A Tanjung Priok dalam rangka Kuliah Kerja Lapangan yang merupakan agenda rutin setiap semester genap. Dalam implementasi dari mata kuliah unggulan prodi yaitu

Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung mata kuliah di Program Studi Administrasi Ekspor Impor dan hukum perdagangan internasional. Selama kunjungan, mahasiswa mendapatkan wawasan mengenai proses bisnis di pelabuhan melalui seminar dari pihak Bea Cukai, yang diikuti dengan sesi tanya jawab bersama mahasiswa Perdagangan Internasional Universitas Widyatama.

Kunjungan ini didampingi oleh seluruh dosen program studi sebagai dosen pembimbing, jajaran struktural program studi,. Turut hadir pula Ketua Asosiasi Ikatan Ekspor Impor Indonesia, Ibu Amalia Hasanah, yang juga merupakan ketua asosiasi ikatan ekspor impor indonesia sekaligus dosen praktisi di program studi Perdagangan Internasional Universitas Widyatama.

     

Selain mendapatkan pemaparan tentang proses bisnis di Kantor Pelayanan Utama Direktorat Jenderal Bea Cukai Tipe A Tanjung Priok, mahasiswa juga melakukan tur ke pelabuhan untuk mengamati langsung kegiatan bongkar muat barang dalam aktivitas ekspor dan impor.

Agenda ini diharapkan dapat memperluas pemahaman dan pengetahuan mahasiswa mengenai perdagangan internasional, serta memotivasi mereka untuk menjadi calon eksportir yang berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi negara.